Apple Juga Mau Damai dengan Samsung

KOMPAS.com - Setelah memutuskan untuk berdamai dengan Google, Apple juga akan menempuh jalan damai dengan Samsung, atau akan menyelesaikan setiap masalah hak paten yang ada di masa mendatang di luar pengadilan.
Kabar tersebut pertama kali diberitakan oleh The Korea Times (19/5/2014) dari sumber internal Samsung yang tidak mau disebut namanya.
"Samsung baru-baru ini kembali berdiskusi dengan Apple, dan inti dari pembicaraan tersebut adalah bagaimana cara agar mereka tidak saling tuntut di pengadilan," ujar sumber dalam Samsung tersebut.
Sebagaimana kita ketahui, dalam perseteruan Apple dan Samsung babak kedua kemarin di pengadilan, Apple dan Samsung dinyatakan saling melanggar paten satu sama lain.
"Masih butuh waktu antara kedua pihak untuk bersepakat tentang detil seperti pembayaran royalti seandainya salah satunya ditemukan memakai paten yang dimiliki satu sama lain, sebelum betul-betul sepakat," imbuh sumber tadi.
Pembicaraan kesepakatan antara Apple dan Samsung untuk menyelesaikan kasus pelanggaran paten di luar pengadilan bukan kali ini saja terjadi, namun sudah pernah dilakukan beberapa kali sebelumnya.
Meski demikian, pengamat hak kekayaan intelektual Florian Mueller mengungkapkan rasa optimisnya bahwa kali ini Apple dan Samsung akan menemui kata sepakat.
"Semua harusnya sudah beres di musim panas nanti, persetujuannya dengan Google menunjukkan bahwa manajemen saat ini memilih untuk mengambil jalan aman dari strategi Steve Jobs sebelumnya yang ambisius dengan paten-paten milik Apple," ujar Mueller.
Saat ditanya apa faktor penentu yang bisa membuat keduanya bersepakat, Mueller menjawabnya dengan: "Saya yakin pembayaran yang dilakukan Samsung terhadap paten-paten Apple yang digunakan sebelumnya bisa menyelesaikan masalah."
Mueller juga menyarankan agar Apple dan Samsung melakukan persetujuan gencatan senjata, seperti yang dilakukan Apple dengan Google baru-baru ini.

Posting Komentar

0 Komentar